Story titled MERDEKA (+review)

July 13, 2013 by ericwitono



Pada saat liburan semester ,aku beserta keluarga pergi ke rumah kakek dan nenek .Setiap tahun saya pasti selalu kesana Disana ada kolam besar penuh ikan dan pemandangan dengan udara sejuk .

Suatu hari,pada saat malam hari .Saya bertanya kepada kakek .”kek,dapatkah kakek menceritakan bagaimana kata merdeka itu berasal sehingga Negara Indonesia merdeka ? ”.Kata kakek dengan bercerita “ begini nak,apakah dulu kamu mengetahui bahwa bendera bangsa kita berasal dari belanda ? “.”kalo itu saya tau kek”,kataku dengan penasaran.”Sebenarnya bukan hanya itu saja lho nak ,sebelum banagsa Belanda datang ke nusantara ini ,Setelah Belanda mengetahui Batavia.Batavia dipaksa untuk “Upeti”setiap tahun.Lalu aku pun bertanya kepada kakek “apakah itu “Upeti”,kek?” .kata kakek “upeti” itu tidak lain dan tidak bukan barter beli beras dan .Setelah memukul mundur
Sultan Agung, Belanda tetap di Batavia. Dan mengakui Sultan Agung. Jadi, resminya, Batavia adalah wilayah Sultan Agung. Belanda tentu saja tidak peduli tentang itu, yang penting bisa
beli beras. Dan membawanya ke Negara asalnya ,Belanda tiap tahun
mengirim “upeti” kepada Raja Jawa.Hingga pada saat itu.Belanda meyerah sebentar karena adanya bangsa Inggris yang datang membawa perjanjian dengan Belanda dan akhirnya Belanda pun pergi”.Lalu kata kakek,selama bangsa Inggris menjajah walaupun sebenarnya tidak dapat disebut penjajah tapi mereka malah memajukan negara yang dimasuki seperti kebun raya di Bogor.Tetapi di sisi lain kakek juga mengatakan peristiwa 10 November juga kepadaku hingga kami lupa waktu tiba – tiba nenek datang ”nak, ayo tidur besok kita panen singkong,jadi harus bangun pagi”.maka cerita pun hanya sampai situ

Matahari telah muncul dan aku pun terbangun dari tidur yang nyenyak ini,dibangunkan oleh ayam berkokok .setelah aku terbangun ,aku pun pergi ke ladang singkong kakek nenek. Disana banyak sekali singkong yang segar dan tanah di sana subur sekali wajar saja jika tanaman – tanaman subur karena suasana pedesaan .Setelah kami selesai panen, aku pun memancing bersama ayah dan kakek sedangkan ibu dan nenek kembali ke rumah untuk menyiapkan makan malam.Jadi, karena kami sedang bersantai sambil memancing aku pun bertanya kepada kakek ”kakek,kata merdeka berasal dari bahasa apa kek?”.lalu kakek pun menjawab ”kata merdeka itu berasal dari banyak bahasa .seperti di batavia Mardijkers (baca “Mardeykers”) Dari kata orang Mardijkers yang
akhirnya muncul istilah Merdeka, artinya bebas dari perbudakan.Merdekaberarti bebas, jika dari bahasa sansakerta “Maharddhika” yang memiliki makna kekayaan, kemakmuran dan kekuasaan.Dan masih banyak lagi ,mungkin akan kakek lanjutkan saja malam nanti yah”.”Baik ,kek” kataku dengan penasaran dengan cerita selanjutnya.

Siang menjelang sore kami pun pulang dengan membawa banyak ikan di tangan kami dan kami sekeluarga pun makan malam dengan penuh perbincangan yang hangat membawa senyuman sesama keluarga.

Dan akhirnya ,malam yang ditunggu – tunggu olehku .”baiklah ,akan kakek lanjutkan ceritanya”.

”Dulu,pada jaman kakek masih seusia dirimu sangat sulit sekali untuk hidup tenang dan damai,karena Indonesia masih dalam masa penjajahan ,maka setiap malam seperti ini kita harus mematikan lampu supaya tidak dibom oleh pesawat Jepang.Pada saat itu belanda kembali ke negara asalnya lagi.Jadi para pemuda sepertimu saja sudah harus jadi tentara ”

Aku pun mulai ingin menanyakan kepada kakek ”bagaimana itu bisa terjadi kakek ?”.

”karena setelah kepergian bangsa Belanda ,lalu datanglah bangsa Jepang.Bangsa ini menjanjikan banyak hal sehingga Bangsa Indonesia mau menerima Bangsa jepang di Indonesia.setelah beberapa tahun bangsa Jepang di Indonesia.Sikap mereka pun berubah mereka bahkan lebih kejam daripada Belanda ,jika Belanda dapat memberi makan maka Jeapng,sebutir beras pun saja mereka tidak akan kasih kepada kita. 3 setengah Tahun berlalu Dan pada tanggal 14 Agustus Jepang pun mulai menyerah karena dua daerah di jepang dibom atom nuklir oleh Amerika .Hiroshima dan nagasaki daerah penghasil senjata perang Jepang ,tanpa kedua daerah itu maka Jepang akan kalah .Jadi Sesegera mungkin bangsa Indonesia dengan cepat memerdekakan negaranya .Dan pada tanggal 17 Agustus Seluruh penjuru nusantara mendengarkan proklamasi lewat radio.Dan akhirnya Indonesia pun merdeka”.Aku pun merasa berada di dalam sebuah adegan nyata dimana semua hal yang dikatakan kakek terlihat sekali.

Dan kakeku bilang kepadaku bahwa Kemerdekaan manusia merupakan proses, berjalan terus, semakin lama
semakin merdeka. Asal anda tidak berhenti di tempat, dan menipu diri
dengan bilang kemerdekaan telah dicapai, anda akan bisa juga mencapai
kemerdekaan sesungguhnya.

”Lalu,setelah itu apa yang terjadi setelah Indonesia Merdeka ? ”kata aku.”sebenarnya Indonesia pada waktu itu belum benar – benar medeka,hanya mereka sudah menyatakan secara tertulis bahwa Indonesia telah merdeka dan Pancasila baru diresmikan pada waktu itu .Belanda ,negara yang menganggap Indonesia masih belum merdeka .Jadi, negara yang paling lama menjajah Indonesia adalah Belanda .Dari Portugis,lalu Belanda,Inggris,lalu Belanda lagi,Jepang,dan akhirnya Belanda lagi.maka Indonesia masih dalam masa pejajahan hingga saat ini tetapi mungkin tidak seperti dulu .

Sekarang negara kita dijajah oleh budaya – budaya asing dari cara berbicara,tutur kata hingga sopan santun kepada yang lebih tua dan kurangnya rasa hormat kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan untuk generasi yang akan datang.Kakek ingat dengan kata – kata Budi Utomo dalam sebuah pidato pada peristiwa 10 November.

”Kita toendjoekkan bahwa kita adalah benar-benar orang jang ingin merdeka.
Dan oentoek kita, saoedara-saoedara, lebih baik kita hantjur leboer daripada tidak merdeka.
Sembojan kita tetap: MERDEKA atau MATI”.Itulah tanda bahwa kita sebagai Negara yang memiliki kesatuan dan persatuan harus ingat jasa para pahlawan .Janganlah sampai kita kehilangan jati diri kita sebagai Orang Indonesia.Sekarang kita hampir di bodohi oleh negara lain dan pemerintahan sudah mulai merosot kesetiaannya.Seperti wayang kulit saja ,Indonesia tidak mengakui bahwa itu adalah kebudayaanya sendiri akhirnya,diambil oleh negara lain seperti negara tentangga kita Malaysia.Ingatlah,nak apa yang dikatakan oleh kakekmu ini”

Aku pun tertegun mendengar cerita kakek dan memang benar kita sebagai orang Indonesia harus menjaga kelestarian budaya kita.Dan membawa nama baik bangsa kita .Malam sudah mulai larut .Dan aku pun langsung tidur .

Keesokan harinya ,aku dan sekeluarga pergi berkeliling desa dan aku ketika aku melihat ladang padi yang berwarna kuning aku pun kagum dengan para petani yang menanam padi itu hingga panen.Aku jadi teringat dengan cerita kakek semalam dan aku membayangkan jika petani itu adalah pahlawan sedangkan ladang itu adalah sebuah negara .

Dan pada malam terakhir,kakek memanggilku menuju sebuah ruangan yang tidak pernah aku lihat selama aku berkunjung ke rumahnya.kakek pun menunjukan kepadaku sebuah baju tentara yang sudah lama dan sebuah kalung liontin yang aku tidak ketahui apa isinya.”liontin ini berisi foto kakek dengan nenekmu,kakek ingin kamu menyimpannya dengan baik – baik di dalam liontin itu juga ada jam yang menunujukan di mana kakekmu bertemu dengan nenekmu”.

Malam telah menuju ke pagi hari .Aku dan keluargaku mengucapkan selamat tinggal kepada kakek nenekku ahhh aku mungkin akan rindu tempat itu lagi mendengar cerita kakek menghirup udara segar dan memanen tanaman yang segar .

Liburanku pun telah berlalu dan aku harus kembali ke kehdupan biasa yaitu kembali ke sekolah . ”nah,anak – anak,bagaimana liburanya,menyenangkan nggak ? kata guru .”ya, guru ” kata murid serentak .lalu guruku pun menyuruh kami untuk maju satu – persatu untuk menceritakan bagaimana liburannya selama 2 minggu.Mungkin inilah ceritaku tentang liburan dan pengetahuan yang kudapat dari kakekku .Itu adalah hari – hari yang menyenangkan.

^_^








Review :


masih dalam suasana 4 tahun yang lalu, dan dibuat malam hari. jujur ini benar-benar ane sendiri yang buat iseng-iseng dan mungkin kalo dibaca agak lumayan lah hahahahaha...........

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUDC 2017 : planning to success

Sertifikasi RSA ? review soal dan prospeknya

[STORY] WISUDA STIENDO BANJARMASIN 2017