[Experience] how to be a investor ?

Hasil gambar untuk investor  


OK, sebelum saya mulai menjadi " investor", dulu waktu kecil saya terpikir satu kata yaitu saham. apasih itu saham dan waktu itu saya masih berumur 12 tahun saat mendengar kata investasi dan kawan - kawannya hingga umur saya berlalu, saya akhirnya dapat berkecimbung dalam dunia investasi ini.


Hasil gambar untuk saham





Sebelumnya anda pasti pernah menabung di bank atau di celengan dan sejenisnya untuk membeli sesuatu dan kalian juga pasti punya "harta" yang pernah kalian pegang dan bagi kalian yang pernah ditawarkan menginvestkan uang anda pada suatu usaha, jual-beli emas, beli property rumah maka itu semua disebut investasi .

saat pertama kali saya mengikuti sebuah seminar bagaimana cara melakukan invest yang benar. saya mendapatkan beberapa poin perbedaan dari empat jenis invest yaitu :



Nabung uang : Jenis invest seperti ini mulai diajarkan sejak dini supaya saat dewasa tidak merasa susah, dan biasanya ortu yang peduli terhadap anaknya memulai menabung untuk biaya yang akan menjadi beban hidup anak atau harta yang tersisa. 

Resiko : tidak dapat berkembang(nilai tetap), dan kalau disimpan di bank akan berkurang secara tidak signifikan, maksudnya walaupun kita dikasih suku bunga tetap akan ada biaya beban administrasi.

 Beli Emas : emas adalah objek yang dianggap paling berharga dan ketika kita beli saat harganya turun maka saat itu kita tinggal liat perkembangan harga dan saat harga emas naik hingga titik optimasinya. maka emas siap berbuah menjadi uang

Kelemahan :
- perlu uang yang banyak untuk beli emas (Tergantung kualitas emas ) 
- diperlukan saat mendadak dan harga emas sedang mahal (ini biasanya yang perlu mahar kawinan)
- tidak disarankan untuk yang kondisi finasial tidak cukup optimal 

Properti : harga rumah dan tanah akan selalu naik dikarenakan banyaknya penduduk di dunia ini dan berlakunya teori permintaan dan penawaran sehingga ini merupakan investasi paling besar. 

Kekurangan :

tetapi dikarenakan jenis invest ini memerlukan banyak uang dan risiko yang tinggi seperti kebakaran, terkena badai sehingga nilai rumah dan tanah menjadi turun menyebabkan cut loss. maka ini investasi level pro bagi saya dan "bermata dua" 


Investasi saham : ini adalah investasi yang mngkin saya sarankan jika anda memiliki finansial yang tergolong " kurang meyakinkan" karena disinilah saya juga memulai ber-investasi dengan cara saya. keuntungan yang kita dapat bermacam - macam tergantung dari apa yang kita beli. jadi dalam arti yang jelas, kita membeli sebuah perusahaan untuk mendapat laba (capital gain = ROI , dividen, dan saham bonus)

Kekurangan : 

hampir mirip dengan properti tetapi tergantung seberapa besar kita berinvest. jika kita beli dan saat kita jual harga saham itu turun maka itu disebut capital loss.


OK, selanjutnya saya akan jelaskan bagaimana cara untuk menjadi investor saham dengan modal sebesar 100 ribu aja.

Langkah pertama : daftarkan diri anda ke IDX terdekat, kalau anda jurusan ekonomi dan kawan - kawannya maka pasti ada sebuah tempat yang namanya "Galeri Investasi" maka disitu bisa juga daftar.

Langkah kedua : lengkapi semua persyaratan untuk membuka akun seperti buka tabungan rekening di bank (jika pernah di bank)

Langkah ketiga : sambil melakukan administrasi dan anda sudah punya akun dan sebagainya, liat keadaaan disekitar seperti baca koran, surfing web tentang berita dan konsultasi kepada kawan yang berada di bidang investasi saham.


SELAMAT ANDA MENJADI INVESTOR JIKA ANDA MELAKUKAN KETIGA LANGKAH DIATAS. SELANJUTNYA ADALAH BAGAIMANA CARA UNTUK MENGEMBANGKAN MODAL ANDA YANG BERJUMLAH 100 RIBU ITU MENJADI JUTAAN.


1. Download aplikasi First Asia Capital (For PC biar mudah)




2. Install dan klik 2x ikon maka akan muncul seperti ini 




3. klik portofolio untuk melihat saldo yang sudah dimasukan maka akan muncul seperti ini dan klik yes dan masukan PIN anda (PIN sangat penting untuk diingat)



 4. setelah itu tinggal observasi pasar deh...... btw ini contoh portofolio saya ...




Nah bagi kalian yang belum tau gimana cara perhitungan keuntungan membeli saham, maka saya beritau eits tapi sebelum itu saya mau memberikan tips untuk memilih saham bagi pemula seperti saya...


1. saat mau beli, liat dulu harga saham yang ditawarkan, untuk yang modal 100 ribu saya saranin jangan beli harga saham yg lebih dari 400. saran saya juga jangan beli yang harga 50/ lembar saham karena kesalahan saya pertama adalah membeli harga segitu tapi sulit untuk dijual.... (Harga yang disaranin 70 - 250an per lembar)

2. setelah anda dapat harga yang sudah ideal (harga yang disarankan) liat dulu profil perusahaan(dari chart harga saham tertinggi, sektor apa, capital gain, prospek yang dikasih untuk investor dan berita yang lagi sedang dibicarakan. itu juga mempengaruhi naik turun harga saham dan kesulitan untuk menjual saham.

3 lakukan beli dan jual secara rutin dan liat % yang didapat dan lanjutkan hingga anda mendapatkan hasil yang memuaskan...... dan satu hal, bermain dengan saham dapat membuat anda lupa diri maka berhati - hati saat bermain dengan saham.



Nah, sekarang masuk ke peritungan saham :

ada beberapa kata kunci yang akan kalian ingat (Jujur ini masih kurang dan disini aku akan update lagi )

- saham
- BUY SELL
- MATCH = saham terjual / dibeli
- OPEN = jual saham / beli saham saat berlangsung
- WITHDRAWN = membatalakan penjualan / pembelian saham


Simulasi :
Badu memiliki modal 100 ribu
Badu membeli sebuah perusahaan sektor pangan dengan kode PANG dengan harga 80 / lembar saham. 1 lot saham = 100 lembar saham. maka badu mininal membeli 1 lot saham. jika badu memiliki modal 100 ribu maka berapa lot yang bisa dibeli badu ?

hitungan :

1 lot = 100 lembar saham

maka 1 lot dikali harga saham = 100 X 80 = 8000

maka : 100.000 : 8000 = 12,5 -> 12 Lot maksimal

 PEMBELIAN SAHAM : 1200 X 80 = 96.000

Komisi pembelian : 3%*96.000 = 2880


Total pembelian saham : 96.000 + 2880 = 98.880

sisa saldo ; 1120
jika harga saham dari 80 menjadi 120 dan badu ingin menjual saham tersebut sebanyak 10 lot


1000*120=120.000 - (1,8%*120.000)= 120.000-21600=98400

jika 12 lot :1200*120 =144.000 - (1,8%*144000) =118080

maka modal badu keseluruhan (perhitungan 12 lot) : 118080 + 1120 = 119200

Selisih dari modal sebelumnya : 119200 - 100000 = 19200 (laba bersih)

*untuk 3%= komisi pembelian dan 1,8%=Komisi penjualan

sebenarnya jangan hanya terpaku pada 1 perusahaan tetapi liat aspek yang lain dalam membeli dan meramal saham..


dan lakukan ini seterusnya hingga nilai modal menaik hingga sekitar 1 juta lebih jika naik turunnya cepat...


Nah, sekilas tentang saham dan masih banyak lagi yang akan kutulis tentang saham ini :) selamat berinvest .......



Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUDC 2017 : planning to success

Sertifikasi RSA ? review soal dan prospeknya