[Remastered] MOS SMAVEN 2012

Sebelum masuk ke cerita (Pra-kisah)

Bagi para pembaca, teman blog, teman seperjuangan, teman lama, teman baru dan siapa saja mohon maklumi jika isi cerita ini ada yang kurang dan ini sudah direvisi sesuai kenyataan 


kejadian ini sudah terjadi 4 tahun 3 bulan yang lalu terhitung setelah direvisi posting blog ini dan akan dijadikan 1 posting yang panjang dan ini adalah cerita yang lumanyan " mengasyikan" bagi saya karena ini adalah posting yang menunjukan diri saya kalo saya pernah membuat sebuah cerita yang panjang dan agak klise (bagi saya) , jadi selamat membaca ........


 kembali ke tanggal Jumat 6 Juli,2012.




Hari di mana mulainya technical meeting MOS harinya mendung habis hujan .aku sampe di sekolah SMA-ku yaitu SMAVEN.Di hari itu 'gw gak tau tempat parkir di mana' dengan wajah gak tau ada kakak panitia (kakak R) yang memberitau tempat parkir di mana dia bilang 'de,tempat parkir di sebelah de'.Ternyata salah arah gw bilang 'makasih kak' dengan kayak baru tau sekolah baru gw .gw pikir-pikir gw dari sekolah berbeda,baju seragam beda + jaket putih item.Dengan merenung di pilar .Jam 2 siang,hari masih mendung + hujan.Semua peserta sudah masuk ke aula .Gw meliat kakaknya dengan wajah seperti baru kenal tapi gak tau namanya . Dan dalam keadaan ribut ada suara mengatakan "DIAM DE,TENANG DE".Dan technical pun dimulai,dengan panjang lebar + dikte kakaknya terlalu cepat + menegur kakaknya dengan SORE,DE dan kami para peserta SORE KAK .DAN kami pun di beri buku petunjuk ,pedoman MOS(kalo temen gw bilangnya kitab MOS,wkwkwkwk)


INILAH GAMBAR BUKUNYAA !!!


                                             
 Setelah kami mendapat buku itu ,kami pun di suruh membuka buku .DAN,hal yang membuat MOS ini menantang nyali :

  • Membuat tameng + kotak tas + kotak hukuman di tameng + nama,nama komunitas(2 cm,ingat 2 !!!) + status penyemangat diri (bukan yang ALAY)
  • baju tetap baju SMP 
  • DAN satu hal makanan minuman dari teka-teki (nie yang gw lupakan pada hari pertama MOS /pra MOS)+ pulpen + buku
 Sebelum Jam 6 sore kami pun sudah ditentukan kelompok DAN,gw pun jadi ketua komunitas dipilih oleh kakaknya (ANA).setelah itu pengenalan kelompok (komunitas).pas sudah giliran gw ,gw gugup sampe -sampe 3 kali pengulangan bahkan lebih ,maklum kebiasaan lama takkan hilang secepat itu.Setelah jam 6 sore kami pun segera pulang dengan kepala yang ingin mau ditekan .kenapa ?

  1. Cari kardus buat tameng + tas + karton  apalagi teka - tekinya  (gw kerjakan semua dalam 5 jam sebelum jam 12)
  2. Ortu mengeluh "nak tidur nak besok nanti kada kawa bangun "
  3. gw belum tau 100 % cara kerja MOS ini palingan 60 %
  4. mengorbankan banyak pulsa (apalagi gw ketua komunitas gw )
MOS sepanjang hari Banyak yang dikeluhkan + capek + ngantuuuk

Inilah gambar tamengnya (tapi sudah di modifikasi buat LDK nanti ada ceritanya lagi tuh)


Hari pra MOS :

Pada hari itu,semuanya udah nyiapin tapi belum semuanya.kebanyakan mereka tak fokus sama teka -tekinya sampe - sampe dikerjakan di sekolah (termasuk gw)

Hari pra MOS :

Pada hari itu,semuanya udah nyiapin tapi belum semuanya.kebanyakan mereka tak fokus sama teka -tekinya sampe - sampe dikerjakan di sekolah (termasuk gw).Dan pada hari itu banyak yang telat ,komunias gw kebanyakan gak masuk cuman 6 orang bayangkan sedangkan komunitas lain 10 /lebih .lalu Apel praMOS dan pemberitauan cara kerja MOS.Matahari sudah mendekat menyinari semua yang ada di sekitarnya,banyak sekali kesalahan pada atribut SMP mereka dan uniknya cuman gw yang berbeda tampilan (apa tuh ? ada deh).sampe ditanyakan sama kakaknya ,lalu pemeriksaan tameng (banyak yang salah dah + me)  setelah itu salam canda dari kakak-kakak panitianya .paslagi ISOMA gw lupa gak bawa makanan + minuman dengan rasa kasihan kakaknya bagi yang tak bawa makan ke kantin tapi 7 menit saja setelah itu kembali ke aula  .Sorenya latihan PBB dan tentu saja teka-teki makanan dan minuman lalu pulang dengan beban tantangan yang berat


MOS hari 1 :
bangun pagi - pagi ,sebelum jam 6 + pake alarm semuanya siap 99,9999999% (soalnya masih belum sempurna ) makan terburu -buru (kue + teh)pake tameng + tas 1 dan 2 + pot tanaman + name tag
naik motor dengan brrrrrr... dingin amet ,matahari belum muncul lagi + gelap dan protective parent , tapi pikiran semangat cuy .pas sudah sampe untungnya hari 1 gak telat ,karena kebiasaan SMP gak boleh telat (sekarang sekolahnya ingin di kenal juga masbro) di mulai dari upacara dan ada yang telat (wah hukumannya cuy) dan hal yang yang aku benci cemoohan dari kakak-kakak (wajar sekali) kalo upacara gak boleh ngelirik kiri kanan,gak boleh gerak-gerak .kalo salah

kakak : ambil posisi
adek kelas : “siap,mohon ijin untuk di beri hukuman kak”
kakak : ambil 7 (angka)
adek : siap selesai mohon ijin untuk berdiri kak
kakak : silahkan
adek : terimakasih kak
seperti itulah hukumannya
setelah itu pemeriksaan atribut dan ada yang tidak membawa,kena lagi hukuman (termasuk aku) setelah itu , setiap komunitas diajak keliling sama pengawas komunitas masing –masing .saya bersama kakak yang berinisial (A) berkeliling
(A): seperti yang kalian sudah tau,ini adalah tempat parkir SMAVEN
(lalu hampir menuju ke kantin)
Kami (K): kak ada kantin,ke sana yuk
(A): eh ? jangan nanti dikirain kita santai-santai aja .oh ya kalo ada kakak kelas beri salam lah
Kami (K): OK kak
(KK): (lagi asik ngomong)
(K): pagi kak
Waktu tinggal 2 menit langsung bergegas ke barisan kembali dan masuk ke aula sedikit materi lalu ke atraksi ekskul pertama – tama kaligrafi : ekskul nya padahal bagus tapi sayangnya peminatnya dikit lalu ekskul kedua nie yamg wajib nie ,KSI(islam),KSK(katolik),KSB(Buddha),PERSIK(kristen).Dan untungnya gw di KSB jadi keluar dari aula (sebenarnya aula itu sangat panas)dan perkenalan KSB (karena gw Buddha) sejuk dah tempatnya walau hanya di kelas waktu ada penjelasan tiba-tiba gw liat ada orang tawuran dan  gw bilang “eh,ada orang bekelahi” langsung semuanya meliat ke jendela
Selanjutnya ESDC kakak-kakaknya menjelaskan dengan yakin kayak orng lagi berdebat gitu ,setelaha itu KIR pecobaan yang menarik banget menambah pengtahuan di IPA dah dengan percobaan membuat gunung berapi dan tulisan rahasia .setelah itu ,materi dari Wiyata Mandala ,latihan PBB dan teka –teki makanan dan minuman dan pulang ,pas udah pulang beli karton lagi ,cari makanan dan minuman memperbaiki tas dan tameng dan tidur
Okay next story …..
HARI 2 :
Masih dengan keadan yang sama,dan juga banyak yang telat agak banyak nieh yang telat .Semakin hari hukumannya pun tambah berat(sebenarnya hanya tambah sedikit ) seperti biasa juga hukumannya pada saat apel.pemeriksaan atribut masih banyak yang salah .setelah tu materi kepemimpinan yang ini yang kusuka dan pemberitauan cara belajar di sekolah ,lalu ada 2 atraksi ekskul yaitu paskib dan PMR setelah itu materi lagi dan ada 2 ekskul lagi KARATE DAN TAEKWONDO (wess) Dan ekskul yang ingin aku masukin langsung adalah NC(Nihon Club )
Pada saat SHOES GAME sulitnya kalo mencari sepatuku karena sepatuku mirip-mirip dah tapi untung dapet dan ada presentase komunitas juga mereka menampilksn sesuai dengan nama komunitas mereka setelah itu pulang (hedeh ngantuk dah )
HARI 3 :
masih dengan keadaan yang sama tapi paling cepet dateng dah gw dan masih ada yang telat walaupun mulai berkurang dan ada SENAM di pagi haridan sekaligus ekskul futsal,basket putra putri voli dance dan teater 
dan ngomong - ngomong tentang teater, temanya pembakal menjadi gurbenur dengan akhiran yang ngakak banget setelah itu MPK-OSIS SMAVEN (jemg jeng jeng ) dengan sebuah video yang menyenangkan dan menawarkan adek-adek untuk masuk MPKOS dengan cara ikut LDK .lalu presentase komunitas ,duh itu belum kepikir mau nampilin apa sampe-sampe blank dah otak ,dan materi solidaritas dilanjutkan dengan SHOES GAME ,nah di sini gw kebingungan cari sepatu gw pas ingin ambil "lho kok cuman dapat sebelah saja" ternyata pas ujan sepatunya ketuker astaga 
dan teka -teki makanan langsung dapet jawabannya langsung beritau ke komunitas gw tapi masih memikirin pentas nanti + bikin surat cinta dan benci gw kerjakan dengan super kilat + ngantuk .gw selesai = tidur
 
 
 
HARI TERAKHIR :
Yah,walaupun hari itu terakhir tetapi masih tetap rolling dah ,menggunakan alarm yang membangunkan ,hari belum pagi sudah duluan dan sebelum apel ,gw siap-siap semuanya termasuk surat dan nominasi kakak ter- (oh ya dan gw kelas X-1 lho harusnya itu pas hari 3 ) tapi lanjut dah .jam sudah menunjukan jam 6 ,dan semuanya pun berbaris langsung tapi tetep aja yang namanya manusia .masih ada yang telat dan ada yang gerak-gerak tuh kena deh hukuman.lalu ada pemeriksaan atribut dan yang salah bertambah banyak karena hanya salah bawa makanan + tameng dan accecoris yang tak lengkap.Dan ada satu hal yang aneh : sesama OSIS bergumam dan kayaknya menentang banget.Okey,lanjut ke cerita .dan hari terakhir ada ekskul yang menawarkan ekskulnya yaitu : dance , band,panting,olimpiade,padus .setelah semua ekskul itu menunjukan atraksinya lanjut ke "minta tanda tangan kakak panitia" nie yang seru cari kakanya yang mana minta tanda tangan sampe" bergerombolan .Waktu itu yang paling sulit dicari adalah ketos dan wakatosnya .(duh,sulit banget dimana kakaknya )

setelah giliran komunitasku untuk mulai menampilkan pertunjukan, lagu "butiran debu" lah pertunjukan nya  ada pembacaan surat cinta dan benci ,dan kakak ter-

KAKAK TERBAIK : KETOS (kakak A)= dia pun memberi semangat kepada kami
KAKAK TAK TERBAIK : ????? = tidak pernah diberitau kakaknya
KAKAK RAPI : KETUA MPK (kakak R.H)= selalulah rapi adek-adek
KAKAK MELUCU = KETUA KOM A =dia pun  bebicara itulah
 KAKAK KALEM = Angg.KOM C (kakak N.A)=wah aku pun tak menyangka 'kata dia
KAKAK CEREWET = kakak ??? (gak ingat namanya )
KAKAK GALAK = kakak N.Y = ISHOMA DI TUNDA
KAKAK CUEK = WAKIL MPK
KAKAK RAJIN =?????
KAKAK MALAS : kak I

SEKARANG TO THE CLIMAX :
Setelah kami peserta puas dengan penampilan dan hiburan (walaupun penampilanku agak kacau) pada saat apel penutupan kami melaksanakannya dengan biasa + gerak-gerak ,karena ada sekitar 20 anak salah celana and dont know what really happen ,Muncullah Bpk A.melihat proses acara terakhir dan mengumumkan "kami pihak sekolah sudah menelpon ortu kalian masing-masing dan minggu depan akan diadakan FOREST CAMP" dan ketos + wakatos langsung menolak dan pak A tidak sengaja memukul wakatos karena memohon banget ,hingga semuanya ikut nangis ,waktu gw liat ketua komunitas 14 nangis  semuanya pun ikut menangis hingga bpk A menunjuk gw :

bpk A : siapa yang dapat menjelaskan ke saya ? kesan apa yang anda dapat dari MOS ini ? nggak ada ?
             kamu ,yang di depan maju ke sini (nunjuk gw)
 apa kesan kamu setelah MOS ini ?
(dengan gaje banget alias gugup maju ke depan dan lupa balik kanan)
ME : ehm,(mikir" dulu,kebiasaan lama) kesan saya,saya tau bahwa menjadi pemimpin itu memiliki tanggung jawab yang besar dan bagaimana cara mengatur anggota saya dan kedisiplinan.
bpk A : baik silahkan kembali

setelah itu bpk A mengatakan : kalian semua gagal kalian saya berhentikan menjadi MPK-OSIS
lalu mulailah perkelahian antar ketos dan wakatos langsung gw nangis karena kebiasaan juga ,sampe" gara" kalian ,de kami bubar ketua OSIS pun : hey aku masih ketua di sini !!! dengarin dulu !! tapi yang lain menentang hingga ada kakak yang pulang .Gw heran padahal kata kakak wakatos "FOREST CAMP" dibubarkan,akhirnya kita pun disuruh tutup mata

kak   ANA: sudah jangan nangis,tahan aja lo masih ??
ME : ya kak

dan terdengar musik yang menyedihkan dan kakak wakatos yang berbicara :
puas de,kami semua tu sakit de ai cape de (dan setelah tu gw gak inget dan gw dengar ada BENDERA HIJAU) ,
tapi ada janji : "saya berjanji akan menjadi orang yang berguna dan berbakti kepada orang tua selama satu bulan !!!!!"

pas buka mata : yey yey yey kakaknya menipu kita !!!!
kakak : jadi ada yang kesal kah?
 (dan ada satu yang kesal dan di tenagkan )
"nah keluarkan teriakan anda dan mulailah dengan semangat baru "

inthe end dimulai dengan nyanyian sayonara dan salaman dengan kakaknya dan kakaknya menawarkan LDK ikut LDK lah de ! ikut .pertama gw bilang agak ragu langsung pas hampir akhiran gw langsung iyakan


END (DAN MULAILAH KISAH KU !!! WITH A MYSTERY PHANTOM BOX )

NEXT : me class X - 1 (SEPATU)

 

End..................... 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dan ini ada tambahan :

- waktu itu cuman aku yang memakai baju SMP swasta (SMP st.angela Bjm, untuk lebih tau tentang sekolah saya cari at google ya :) )

- Waktu itu hujan, dan tiba-tiba dipilih menjadi ketua kelompok

- Waktu itu cari teka-teki makanan susah (blum ada indomaret dan alfamart jadi nyari di market lain)

 - kalo mau rundingan pake SMS (blum ada LINE,BBM masih terbatas, WA blum ada dan kawan-kawannya belum nyata) 

- hari pertama pra-mos udah ngga siap apa-apa sampai kakanya kasian jadi makan di kantin

- satu-satunya cowok bercelana setengah (memang aturannya sih ) dan termasuk minoritas saat itu 

- merasakan tempat aula ter-panas (sauna) 

- angkatan yang terakhir dan ter-gapit(TErjepit maksudnya) 

 

dan alayers*(cuman beberapa orang aja sih) 

 

and that's the end of this post, moga-moga aku bisa nulis yang SMA lagi (*ga bisa lepas dari masa lalu )

untuk posting selanjutnya, moga-moga bisa bagi ilmu ya :) 

 

 

END --------------------->

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUDC 2017 : planning to success

Sertifikasi RSA ? review soal dan prospeknya