[KNOWLEDGE] BENTUK ORGANISASI BESERTA PERAN MANUSIA

Hai, para pengunjung. kali ini saya ingin membagikan "ilmu" saya tentang bentuk organisasi dan peran mereka masing-masing.

Seperti yang anda ketahui jika anda secara tidak sadar bahwa kalian pasti pernah di dalam suatu organisasi atau tidak pernah sama sekali.

menurut pengalamanku yang sudah pernah sekali berada di dalam suatu organisasi, Organisasi adalah suatu perkumpulan yang memiliki visi(tujuan) yang sama sehingga mereka bergabung menjadi sebuah "keluarga".dan dibutuhkannya organisasi dan struktur agar lebih terarah




dari dua gambar tersebuat adalah segi umum Bentuk Organisasi dan berikut peran dari bagan - bagan yang ada :


PENASEHAT (Count)


Terdiri dari para alumnus/ orang yang sudah berpengalaman di dalam organisasi yang boleh menjadi penasehat dan bertugas untuk mengawasi kinerja organisasi secara tidak langsung yang berarti melalui ketua untuk pengarahan. biasanya bagan ini hanya ada jika Organisasi tersebut sudah lama berdiri/ sudah berjalan genap 1 periode


Ketua (Leader)


Bagan ini adalah yang terpenting dalam suatu organisasi, tugas dan peran ketua adalah sesuai dengan visi dan misi suatu oraganisasi dan ketua-lah yang memutuskan pergerakan suatu organisasi.


Wakil Ketua ( Vice)


Bagan ini bertugas sebagai pengganti ketua, biasanya dipilih oleh ketua atau sudah menjadi satu paket dengan ketua saat pemilihan ketua-wakil yang baru (Regenerasi)

Biasanya wakil ketua dibagi menjadi 2 orang, tergantung banyaknya personil dan kebutuhan dalam organisasi tersebut. untuk orang pertama biasanya tugas mengganti ketua jika tidak dapat berhadir dalam rapat / mengundurkan diri secara terhormat atau tidak terhormat. sedangkan untuk orang kedua tugas khususnya bersama sekretaris dan bendahara koordinasi dengan Divisi untuk pengarahan dan fungsi yang sama akan berlaku jika tidak ada orang kesatu.


Sekretaris 


seperti yang kita ketahui, tugas sekretaris lebih condong ke perizinan, surat- surat dan jika ada proposal pertanggungjawaban maka sekretaris yang membuat sekaligus juga rapat. biasanya ada organisasi yang menggabungkan sekretaris dan bendahara menjadi Sekben.


Bendahara


Seperti tugasnya sekretaris tetapi lebih fokus ke pemasukan dan pengeluaran uang/aset. inventaris benda juga dipegang bendahara tetapi dalam pengalamanku tugas inventaris menjadi tugas divisi dan koordinasinya dengan sekretaris. menurutku ini adalah peran yang "cukup berbahaya" karena dialah yang memegang uang dan harta suatu organisasi. Jadi, biasanya untuk mencegah hal tersebut dibagi menjadi 2 orang, yang pertama menjaga aset (inventaris) dan yang satunya menulis pemasukan dari pihak ketiga dan pengeluaran dana organisasi yang akan dilihat oleh ketua dan sepangkat ketua


DIVISI


Definisi di atas hanya sebagai arti dari yang aku buat, biasanya divisi dibagi sesuai orang yang ada di dalam suatu organisasi, tanpa mereka ini maka organisasi tidak dapat bergerak.

Berikut divisi yang aku ketahui beserta perannya :


Divisi Dokumentasi dan dekorasi : seperti namanya, tugasnya hanya mengabadikan momen suatu acara dan mendesain tata ruang bersama perlengkapan dan logistik

Divisi Sponsor dan Dana (Opsional) : tugasnya mencari sponsor dan Negoisasi perusahaan yang mau memberikan kontribusi berupa barang yang dibutukan dalam acara

Divisi Komsumsi (Opsional) : Sebenarnya harus ada ini dimana-mana dan ini kebanyak orang yang suka "cicip-cicip" / tikus percobaan dalam mencoba makanan

Divisi Perlengkapan dan logistik : dimanapun anda pasti diperlukan, kebanyakan yang badan "kekar" yang berada disini. tugasnya melengkapi properti acara dan koordinasi desain tata ruang

Divisi Kesektariatan : mengurus contact person dan pendaftaran suatu acara

Divisi Kesehatan dan Keamanan  : seperti namanya tugasnya adalah mengamankan acara dan langsung bergegas jika ada anggota/ peserta/ orang yang ada di acara sakit. biasanya dipisah dan digabung menjadi satu

Divisi Acara : Mengatur Rundown acara, dan sebagai pendamping acara

Divisi HRD (Opsional) : Opsional karena menurutku bisa dari anggota itu sendiri yang mengikutinya tanpa prec yang secara memaksa


Divisi Materi (Opsional): pemberi materi dan bekerja sama dengan HRD dalam mencari Sumber Daya Manusia


Bentuk Organisasi Minimalis Vs Generasi Berlanjut

Untuk struktur minimalis biasanya digunakan jika Organisasi tersebut tergolong Baru sedangkan Generasi berlanjut sudah lama terbentuk

UKM,Ekskul baru biasanya yang menggunakan sistem minimalis tergantung banyak nya orang sedangakan OSIS,MPK,Perusahaan yang sering menggunakan sistem generasi

Tergantung orang dan lingkungan di sekitar yang membuat organisasi itu ada, jika tidak maka tidak ada organisasi jika tidak bisa bersatu




Itulah Definisi Organisasi menurut saya beserta peran dari masing- masing jabatan yang ada menurut saya. mohon maaf jika ada kesalahan/ kekurangan dalam penulisan ini :) 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUDC 2017 : planning to success

Sertifikasi RSA ? review soal dan prospeknya