Manajemen, belajarnya apa aja ? (Secara umum )

Hai
Kembali lagi dengan postingan biasa yang dimana akan membahas jurusan manajemen yang lumayan tua dan banyak ditemukan di kebanyakan daerah di indonesia karena tanpa disadari ilmu ini juga berkembang ke ilmu yang lain seperti keperawatan, teknik, perusahaan obat dan produk alam, pendidikan, dll

Nah disini saya akan menjelaskan secara singkat mata kuliah yang dipelajari serta kegunaannya versi saya yang sedang belajar di sekolah tinggi ilmu ekonomi indonesia banjarmsin : 

Hmm karena saya jurusan manajemen maka disini saya akan menjelaskan apa saja yang dipelajari dalam lingkup jurusan manajemen. Walau ada sedikit mirip dengan akuntasi tapi ada beberapa yang tidak diambil oleh kedua jurusan tersebut dan akan dibahas di postingan selanjutnya...

Sistem belajar di STIEI BJM ini agak lucu bagi saya karena mereka menerapkan sistem paket selama 2 semester yang seharusnya pada semester 2 kita bisa ambil maks. 24 sks (full-sks). Jadi semester 1 dapat 23 sks dan semester 2 dapat 21 sks walaupun ip anda 3.

Yap itu sekilas sistem kurikulum di stiei bjm dan ternyata stiei lainnya juga begitu tapi berbeda-beda mata kuliahnya.

"Ya. Namanya juga perguruan tinggi tapi inti pembelajaran ada yang sama hanya mereknya beda"

Ok. Berikut matakuliah umum yang dipelajari oleh jurusan manajemen dan akuntansi di stiei bjm :

1.agama, bahasa indonesia, pendidikan pancasila, bahasa inggris

(Semester 1)

Ya.tidak perlu saya jelaskan panjang lebar untuk keempat mata kuliah yang saya sebutkan karena kebanyakan perguruan tinggi juga sama isinya dan sudah kalian dapatkan dari sd - sekarang kecuali pendidikan pancasila akan ada lanjutannya di semester 2

2. Pengantar teori ekonomi (semester 1) dan teori ekonomi (semester 2)

Bagi kalian yang pernah belajar ekonomi pasti tidak asing dengan isi materi ini karena disini lebih penekanan teoritis dan banyak sekali kegunaan dari mempelajari mata kuliah ini. Di stiei jangan sampai kalian ngga ngerti mata kuliah ini karena ini akan digunakan jika anda adalah seorang pengamat ekonomi atau seorang manajer perusahaan.

3. Pengantar akuntansi I dan II (semester 1 dan 2)

Jujur, kalo kalian ingin masuk manajemen karena ingin menghindari akuntansi kalian salah besar dan jangan sampai pemikiran semacam ini mempengaruhi kalian di jurusan yang lain.

Di sma jurusan ips atau smk jurusan akuntansi tidak asing dengan apa yang dipelajari dalam mata kuliah ini (tidak seperti saya yang belum terbiasa karena saya dari jurusan ipa )

Mungkin disini yang tidak terbiasa dengan menjurnal (bukan jurnal ilmiah ya ) harus membiasakan mulai sekarang untuk mata kuliah ini karena selain menghitung kalian juga dituntut untuk membuat laporan keuangan dengan berbagai metode yang mungkin belum kalian begitu akrab di bangku sma /smk .
Dan ini juga akan dipakai saat kalian di suatu perusahaan dan yang akan mengambil jurusan keuangan dan pemasaran. Kalo sdm mungkin untuk bagaimana keputusan untuk pengeluaran gaji dsj.

4. Pendidikan karakter dan integritas (semester 1)

Mata kuliah ini tergolong mudah tapi jangan diremehkan. Mata kuliah ini gunanya untuk membangun sifat karakter kita sebagai pribadi yang baik dan aku harap kalian yang masuk stiei bisa menjadi manusia yang baik dan beretika.

5. Pengantar manajemen dan bisnis (semester 2)

Nah inilah inti dari penjurusan manakah anda cocoknya. Apakah manajemen keuangan, manajemen pemasaran atau manajemen sumber daya manusia ? Tergantung dari anda memahami konsep dari ketiga jurusan tersebut.

6. Aspek hukum dalam ekonomi (semester 2)

Mata kuliah yang dipelajari tergolong umum jadi kita sebagai ekonom juga harus tau hukum dan aturan apa saja yang berlaku dalam membuka usaha, jual-beli,sewa menyewa dan Hak kekayaan intelektual.

7.Statistika (semester 2)

Siapa yang tidak tau mata kuliah ini ? Mungkin ini agak sulit bagi yang tidak menyukai angka dan sejenisnya. Tapi ini akan terpakai hingga skripsi karena kita akan melakukan penelitian Berbasis data dan banyak sekali kegunaannya...

8.matematika ekonomi (semester 1)

Bagi saya matematika ekonomi agak mudah daripada matematika teknik maupun ilmu alam karena disini kalian akan belajar hampir mirip teori ekonomi dan bagi akuntan ada tambahannya yaitu matematika keuangan dan ini juga penting saat anda di ilmu manapun.

Nah itulah beberapa matakuliah umum yang di pelajari manajemen dan akuntasi selama 1 tahun (2 semester)

Sekarang mata kuliah umum yang di pelajari manajemen dan tidak diambil oleh akuntansi:

1. MSDM (semester 3)

2.Manajemen operasi (semester 4)

3. Praktikum perbankan (semester 5/6 )

4.Manajemen Ritel (penjurusan pemasaran semester 5)

5. Manajemen perubahan (penjurusan sdm semester 5)

6.studi kelayakan bisnis (semester 5)

7.manajemen perpajakan (semester 5)

8. Konsentrasi jurusan manajemen keuangan, pemasaran dan sdm yang akan dibahas di post berikutnya

Nah, itulah mata kuliah yang dipunya manajemen di stiei bjm walaupun ada beberapa mata kuliah yang sama walaupun agak beda tipis tapi sesuai kebutuhan masing - masing jurusan.

Nah tinggal kalian pilih mau yang mana. Itu terserah kalian karena kuliah tidak seperti sma ataupun jenjang dulu dan jaman terus menuntut kita untuk berubah.

Semangat :)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUDC 2017 : planning to success

Sertifikasi RSA ? review soal dan prospeknya

[STORY] WISUDA STIENDO BANJARMASIN 2017