Akuntansi, belajarnya apa aja ?

Kali ini saya akan membahas apa yang dipelajari akuntan dalam jurusan akuntansi versi stiei banjarmasin...

Semua ini bersumber pada buku pedoman akademik dan pengalaman blogger jadi ini hanya sebagai pedoman anda yang ingin melanjutkan di jurusan yang di bahas

Berikut ini adalah mata kuliah yang tidak ada di jurusan manajemen yang merupakan keunggulan jurusan akuntansi :

1. Akuntansi sektor publik

Mata kuliah ini seperti judulnya yaitu membahas konsep akuntansi dalam pemerintahan dan ini cocok sekali bagi yang mau bekerja di sektor pemerintahan

2.Sistem informasi Akuntansi (SIA)

  Mata kuliah ini didapatkan calon akuntan setelah mengambil mata kuliah sistem informasi manajemen. Kegunaannya untuk mengetahui bagaimana caranya seorang akuntan melakukan penyimpanan data laporan keluar-masuk inventaris harta dan sejenisnya.

3.Akuntansi perbankan syariah

Mungkin bagi yang non muslim seperti saya myngkin tidak familiar dengan mata kuliah ini. Dan bertanya mengapa kita wajib mengambil mata kuliah ini.

Kalau kalian ingin tau mengapa alasannya tidak susah. Karena di jaman modern ini sudah banyak sekali lembaga jasa keuangan termasuk syariah dan kita sebagai calon sarjana ekonomi juga harus tau konsep perbankan syariah itu seperti apa karena mungkin di masa depan kita bisa bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda beda..

4.Audit

Mungkin kalian pernah browsing atau mendengar kata ini di suatu tempat. Audit adalah suatu kegiatan seorang akuntan untuk memeriksa laporan keuangan dan laporan sejenisnya agar tidak terjadi penyelewengan harta maupun modal perusahaan.

Mata kuliah ini juga sangat penting bagi seorang akuntan mengingat banyaknya terjadi korupsi di negara ini maka ini akan menjadi bekal bagi kalian yang ingin bekerja di perusahaan atau sektor publik.kalo di sektor publik hanya diajarkan pencatatannya maka di mata kuliah ini kalian lebih diajarkan bagaimana cara memeriksa laporan keuangan dengan tepat dan benar agar tidak terjadi korupsi data...

5.Praktikum akuntansi

Jika kalian sudah mantap dalam menjurnal secara manual maka kalian disini diajarkan bagaimana menjurnal secara otomatis melalui teknologi yang gunanya untuk mempermudah seorang akuntan dalam menyusun dan mencatat data yang banyak...

6.Akuntansi keuangan daerah

Mungkin hampir sama dengan akuntansi sektor publik. Tetapi disini lebih ditonjolkan ke bagian daerah seperti kabupaten,kota dan provinsi.

7. Sistem pengendalian manajemen

Ini juga termasuk mata kuliah yang mungkin terpakai saat kalian bekerja di suatu perusahaan. Karena itu, saat perusahaan sedang dalam keadaan yang tidak stabil maka profesi controller yang berperan.

Disini lebih diberi pengetahuan bagaimana seorang controller melakukan pekerjaannya di perusahaan.

8. Akuntansi keuangan lanjutan

Hmm kalian pasti agak kaget kalau tidak terbiasa mengapa anak akuntasi kalau belajar akuntansi terus.

"Ya namanya jurusan akuntansi, ya jelas sekali belajarnya lebih menonjol di akuntansi"

Kalau di mata kuliah akuntansi keuangan kita cuman dapat penerapannya secara umum. Tetapi di mata kuliah ini lebih ke khusus. Kalian tau ngga kalau perusahaan itu bukan hanya punya 1 saja tapi bisa saja ada anak perusahaan. Disinilah kalian dapat ilmu ini agar kalian tau kalau ada cara pencatatan laporan keuangan secara khusus untuk perusahaan inti dan anak perusahaan.

9. Teori akuntansi

Hmm kalau ada teori ekonomi terus ada lagi teori akuntansi ?

Tujuan seorang akuntan mempelajari ini adalah untuk pemantapan konsep aset,kewajiban, dan perkembangan teori akuntansi dan ini merupakan konsep dasar seorang akuntan.

10. Standar akuntansi keuangan (SAK) (penjurusan akuntansi keuangan )

Mata kuliah ini sebenarnya wajib sekali bagi semua yang ingin menjadi akuntan. Kalo seorang pengacara ada pedoman pasal maka akuntan pun juga punya namanya ppsak(pedoman pencatatan berdasarkan standar akuntansi keuangan). Maka dari itu kalau kalian adalah akuntan maka harus tau buku tebal ini.

11.Manajemen biaya(penjurusan akuntansi manajemen)

Kalo manajer belajar akuntansi biaya maka akuntan belajar manajemen biaya.

Banyak sekali mata kuliah manajemen dan akuntansi yang hanya berbeda kata manajemen dan akuntansi salah satunya adalah mata kuliah ini.

Untuk mata kuliah ini bertujuan untuk mengetahui konsep pengelolaan biaya. Jadi akuntan juga tidak hanya fokus dalam hitungan tetapi juga membuat suatu strategi agar perusahaan bekerja secara optimal.

12. Akuntansi perpajakan

Ini juga salah satu mata kuliah yang bergabung dengan manajemen walaupun beda tapi tetap satu tujuan.

Mata kuliah ini berfokus pada hitungan pajak seseorang sesuai golongan.

----------------------------------------------------

Pada intinya akuntansi dan manajemen memiliki perbedaan yang sedikit. Maka dari itu jangan heran kalau ada orang lulusan manajemen tapi kerjanya di akuntan dan hilangkan konsep pemikiran seperti "manajer harusnya ngga ambil kerjanya akuntan" , "manajemen ngga bisa ini itu" dll

Semua itu sudah diatur masing - masing tinggal kita yang memilih bagaimana kita menyikapinya.

Nah itulah mata kuliah yang tidak tersedia di jurusan manajemen dan ada di akuntansi. Semoga isi post ini cukup berguna bagi kalian yang berkunjung di blog yang sederhana ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUDC 2017 : planning to success

Sertifikasi RSA ? review soal dan prospeknya

[STORY] WISUDA STIENDO BANJARMASIN 2017