Anda seorang penerima beasiswa ? Baca ini !

Hai dan selamat membaca di blog saya yang sederhana ini walaupun isinya tidak terlalu menarik bagi para peselancar atau yang lebih dikenal dengan nama blogwalker....

Disini saya ingin bercerita sekaligus memberi saran bagi anda yang ingin dan telah menjadi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa.

Begini ceritanya....

Dulu, saat aku masih di pts aku pikir aku telah mendapatkan "beasiswa" .tetapi setelah menjalani kurang dari setahun aku merasa aku sangat egois sekali mengambil kesempatan yang kecil itu yaitu berupa potongan spp dan uang gedung yang tidak seberapa dengan penghasilan keluargaku yang masih tidak dapat mencukupi untuk bisa dibilang layak untuk menikmati hidup ini alhasil akupun merasa "rugi" dan "merugikan" dalam faktor finansial. Dan aku pun berhenti.....

Dan disinilah kisah yang sebenarnya...

Sebut saja madu namanya

Dia adalah seorang mahasiswa seangkatan aku, sekelas dan sejurusan. Tetapi beberapa hari yang lalu dia tidak bisa ikut mendaftar ulang karena dia sedang tidak ada uang yang cukup untuk membayar biaya tersebut. Dari situ aku heran mengapa dia tidak dapat membayar biaya tersebut dan sudah setahun dia menyandang status sebagai penerima beasiswa dan itu beasiswa yang cukup dikenal di kalangan masyarakat dengan visinya yang jelas. Tetapi dalam kenyataannya tidak diwujudkan

Mengapa bisa seperti itu ?

Ternyata dia selain memiliki tunggakan di kampus, ternyata dia punya banyak hutang yang berasal dari hubungan yang sangat dekat..

Kalian yang belum pernah mendapat beasiswa pasti bertanya - tanya.

"Padahal udah dikasih duit tapi masih saja tidak cukup untuk hidup malah tetap hutang. Sama aja bohong, lebih baik cari usaha aja kalo gitu"

Nah, kalo udah gini. Aku dan kalian para generasi penerus jangan sampai mengalami cerita yang saya ceritakan di post ini......

Dan untuk tips agar beasiswa anda tidak dihabiskan untuk hal - hal yang tidak seharusnya terjadi maka saya akan berikan tips versi saya : (ini juga berlaku untuk yang mau mendapatkan beasiswa apapun)

1. Ketahui apa yang kamu dapat dari beasiswa yang kamu ambil

Beasiswa yang tersedia ada beberapa jenis yaitu :

- beasiswa pemerintah full seperti supersemar, unggulan, kemenpora dan 1/2 full seperti bidikmisi,ppa,bbm

- beasiswa dari institusi swasta seperti djarum, perusahaan besar dsj...

- beasiswa dari yayasan ( aku ngga tapi tau namanya tapi hampir mirip beasiswa pemerintah juga )

- beasiswa dari kampus swasta (biasanya cuman digratiskan dan dapat fasilitas sesuai S.O.P kampus itu )

Nah, dari keempat jenis yang saya sebutkan kalau anda ingin benar - benar tidak mampu maka incarlah beasiswa pemerintah (saranku Beasiswa unggulan aja )

2. Teliti dengaan isi kontrak atau persyaratan beasiswa

Seperti yang sudah saya sebutkan saat anda sudah dapat memutuskan beasiswa apa yang akan anda incar maka perhatikan isi kontrak atau peraturan yang dicantumkan dalam isi kontrak tersebut. Agar saat terjadi suatu hal yang tidak diinginkan tidak terjadi hal seperti kriminalitas.

Banyak hal yang sudah terjadi di indonesia. Para penerima beasiswa tidak sesuai dengan persyaratan tetapi dengan mudahnya mendapatkan beasiswa tersebut. Hal ini tentu menjadi tugas pengawas penerima beasiswa tersebut.

3. Selalu ingat melakukan budgeting walaupun yang didapatkan berlimpah

Ya.inilah yang sering tidak dilakukan para penerima beasiswa. Tidak pernah mencatat pemasukan dan pengeluaran dan alhasil uang beasiswa dipakai semena - mena dan tidak memikirkan untuk maju....

Kenyataannya banyak yang selalu lengah dengan 3 poin diatas ini yang mengakibatkan "sombong". Walaupun kalian tidak berasal dari jurusan ekonomi tetapi untuk mengetahui apa itu kebutuhan dan keinginan sangatlah penting. Jadilah mahasiswa yan cerdik dalam melihat kesempatan

4.beramal dan jangan sombong saat sudah dapat uang banyak (sugih)

Mengapa yang keempat ini sangat penting. Karena inilah yang membuat kita menjadi orang yang nantinya bahagia dan merasa tidak tertekan akan hidup. Hartamu banyak tapi dihabiskan untuk kesibukan sendiri alhasil hartamu lama - lama habis tanpa kamu sadari.

Inilah tips versi saya yang saya dapat sebutkan di post ini dan ingat walau anda bukan penerima beasiswa tetapi dapat berkarya di manapun walaupun bukan mahasiswa. Itulah yang diperlukan saat ini.

Menjadi manusia jangan selalu menunggu dan mengeluh tapi buatlah dirimu tidak seperti orang malas di mata semua orang......

Sekian dan semoga berhasil



Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUDC 2017 : planning to success

Sertifikasi RSA ? review soal dan prospeknya

[STORY] WISUDA STIENDO BANJARMASIN 2017