[EXPERIENCE] Masih takut IP mu jelek ? baca ini !

"Post-blog untuk bulan ini judulnya all about semua, moga' blog ini ngga "mati" "

Jaman gini masih takut IPK jelek ?

tulisan ini untuk mahasiswa dan calon mahasiswa yang masih berpikir kalo IP/ Nilai 1 semester jelek kalian jadi pesimis.

Apa IP itu ?

IP (Indeks Prestasi) adalah hasil nilai untuk menunjukan nilai mahasiswa dapat menyelesaikan perkuliahan dengan baik / tidak. biasanya dengan menggunakan sistem A-E dengan hasil angka 0 - 4 yang disebut khs (rapornya mahasiswa ).

Disini saya menulis motivasi bagi yang pesimis dan mengingatkan bagi yang selalu mendapat hasil IP yang bagus agar tidak berpatokan dengan hasil dalam kertas itu. Seringkali saya melihat kenyataan sangat jauh dengan apa yang didapat selama anda di jenjang perguruan tinggi dan itu membuat saya bertanya saat menonton sebuah cuplikan di youtube tentang 'Ipk' . At first, memang benar kalo ipk hanya sebagian factor untuk menjadi sukses. dan itu SANGAT TIDAK MUNGKIN jika semua itu tidak berhubungan dengan komunikasi yang baik.

lho, berarti penilaian di kampus itu salah ?

tidak sepenuhnya salah, tapi kita yang kurang optimal dalam memanfaatkan situasi saat kita "belajar" di kampus. Sadarkah kalian yang pernah merasakan di perguruan tinggi kalo kita itu 'kurang belajar' untuk membuat koneksi yang bermanfaat setelah kita meninggalkan bangku kuliah ?


"the answer is no"


buktinya banyak 'sarjana' di mana - mana mencari kerja tapi ngga dapat panggilan kerja sedangkan mereka yang mempunyai usaha / skill melanjutkan usaha mereka yang dibuat sejak mereka kuliah bahkan sebelum itu.

Realita memang menyakitkan, tapi kalo ngga bisa nerima jangan harap anda dapat survive di jaman ini yang sekarang menuntut lebih. Saat wawancara kerja, anda akan ditanya dengan sinis :

" Kamu mau saya kerjakan dengan gaji kecil ?"

*dalam hati* sebenarnya saya ingin berkata tidak, tapi kalo dilepas dimana saya kerja ?

"ya,saya mau"

Dari dialog mini di atas menunjukkan salah satu "kebodohan" jika anda bergantung dengan IP yang tinggi tanpa skill.


"Sebenarnya apa yang anda lakukan selama anda kuliah ?"

buktinya ada seorang mahasiswa membuat usaha susu dengan omzet besar, ada juga yang akan melanjutkan studi, ada juga yang ingin membuat proyek besar dengan hasil guna lebih dengan ilmu yang dia dapat di bangku perkuliahan.dsb

Duduk dan mendengarkan perkuliahan lalu pulang saja tidak cukup untuk jaman sekarang ini. tapi banyak hal yang bisa kita lakukan di luar sana dan jangan juga kalian melakukan hal yang merugikan diri anda dengan pergaulan 'tidak baik'. Intinya kalian mahasiswa harus membuat suatu sejarah besar saat anda di lingkungan tersebut misal : menjadi ketua BEM yang pernah membuat acara besar dan merakyat, membuat usaha yang omsetnya bagus, penemu teknologi baru.


bagi adek - adek yang akan menjadi calon maba. Dimanapun kalian berkuliah, buatlah pengaruh besar di kampus dan jangan sekali - sekali besar kepala karena kalian di kampus terkenal tapi kalian ngga.

Dan bagi kawan kawanku dimanapun kalian berada. Buat suatu perubahan baru, jangan banyak gaya kalau belum berkarya (ojo jadi supporter terus)

-e-






Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUDC 2017 : planning to success

Sertifikasi RSA ? review soal dan prospeknya

[STORY] WISUDA STIENDO BANJARMASIN 2017