[STORY] PPAN 2017 : New friend's, new experience, and new challenge PART 1

Warning : mohon maaf jika saya tidak mengingat nama - nama orang yang kutemui dan itu kebiasaan untuk lupa nama orang wkwkwkwkwk.

the first scene began in the morning at 6 'o clock ......

*telat*

6 : 21 = waduh udah jam segini, *mandi + beres - beres dan agak ceroboh sedikit ...


kenapa hal itu bisa terjadi ?

karena aku diingatkan untuk datang jam 7 pagi dan perjalanan rumah ke kwarda cukup jauh. dan memakan waktu sekitar 25 menit.... alhasil setelah datang ke tempat seleksi(kwarda). ternyata masih sunyi .....


*heran "mas, mau nanya ini parkirnya dimana ya ? "

"Oh, kada tau ding ae ulun lain panitia sini"

sambil terheran - heran karena datang paling pertama sampai bingung dengan pakaian hitam putih kayak mau lamar kerja. ternyata jam 7 . 30 baru dimulai. plak* kebiasaan morning person wkwkwk

jam 7 : 30 kita semua disuruh untuk naik ke lantai 2 untuk mencari berkas daftar ulang dan sambil menunggu tes pertama orang kutemui adalah choky. dan akhirnya kami berbincang sebentar sambil menghilangkan kebosanan menunggu peserta yang yang cukup lama datangnya......

daftar ulang :)

nomor peserta ;D

*abaikan orang ini

Tempat tes

preparing ....


TEST TIME

karena sudah lama seklai untuk menunggu tes pertama yang seharusnya jam 8 maka jam 8 : 30 kami semua sudah harus siap untuk tes pertama ini yang terdiri dari 87 orang (administrasi lolos : 124 jadi 87).

Tes pertama adalah membuat essay  bahasa inggris max 500 kata dan ada 3 topik yang harus dipilih salah satu .topik dan waktu 45 menit (kalo ngga salah )

Topik nya : 1 peran generasi milinealis dalam menghadapi hoax, 2 Keputusan strategi dalam meningkatkan sektor pariwisata di Kalsel 3. sociopreneur sebagai solusi kalsel dalam menghadapi tantangan komunitas ekonomi

*semua itu udah dalam arti bahasa indonesia dan 90% akurat ...

jadi dari ketiga topik aku pilih nomor 3 karena itu bidang saya* kidding sebenarnya aku lebih banyak bahasan dan solusi aja di topik no  3 karena topik nomor 2 dan 1 kurang ngeh alias stuck + harus nulis max 500 kata, jujur aku nulis essayku itu kayak mengarang cerpen. sekilah aku liat sedikit punya orang yang agak "tua" (pesertanya banyak yang semester 6 dan bekerja ) tulisannya sampai balik halaman (wew). entah apa yang mereka tulis itu sehingga sebanyak itu ....

tes pertama berakhir dan pembukaan acara pun dimulai . awal rencana karena kau kira ini sebentar ternyata akan menjadi lama sekali alhasil aku mengorbankan kuliah ku pada hari itu . sambil menunggu panitia menilai essay kami yang "super-banyak- amburadul" akhirnya kami disuguhi

Pengumuman ...

akhirnya kami yang jumlahnya 87 ini akan dipotong menjadi TOP 40 dan dibagi menjadi 5 kelompokdan akhirnya aku lolos babak pertama :) dan yang tidak lolos pun berfoto bersama petinggi dispora......

Foto Eric Witono.
WE ARE TOP 40 Kalsel


Babak kedua: wawancara ....






okay, jadi  40 orang akan wawancara di 9 tempat yang berbeda. 4 dari PPAN dan 5 dari agama,psikologi,akademik,dll. Jujur, yang paling susah itu adalah Seni Budaya, karena inilah kunci dimana saat kita diberangkatkan dan kita harus tau budaya daerah sendiri. dan yang paling mudah adalah agama. selama aku wawancara di 4 posko yang terdiri dari beberapa isu dan program ppan. ini baru pertama kalinya aku mengacaukan komunikasi bahasa inggrisku (i screwed up) ..... dan aku merasa saat itu aku tidak lolos dan "puas" dengan menjadi top 40 .....

di sela waktu menunggu hasil wawancara banyak sekali cerita dan pengalaman yang lucu mulai dari berita siang yang bilang ada bom, ada yang tukang nyanyi dan tukang lawak dan ada juga "mama tarot" wkwkwk, dan tidak lupa juga pengalaman dari alumni ppan dan permainan yang lucu (aksi - reaksi) sampai kepanasan di lantai 2 dan 3 .......

akhirnya pengumuman untuk TOP 20 dan aku sudah merasa namaku tidak akan dipanggil. Pertama yang dipanggil adalah cowo dulu dan NAMAKU SELANJUTNYA (what !?) aku sampai melongo ngga jelas karena lolos sampai sejauh itu dan aku berharap untuk melewarti hari itu. hari itu adalah hari yang membahagiakan sekaligus menegangkan........


Foto Eric Witono.
TOP 20 and to be continued .......


cerita selanjutnya akan dilanjutkan di part 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NUDC 2017 : planning to success

Sertifikasi RSA ? review soal dan prospeknya

[STORY] WISUDA STIENDO BANJARMASIN 2017